Rabu, 17 Agustus 2016

Para Fisikawan Indonesia yang Mempengaruhi Dunia

Image result for peringatan kemerdekaan 71   Indonesia baru saja memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Semakin tua umur negeri ini, semakin berkembang dengan berbagai sudut. Indonesia walau kurang diketahui, telah melahirkan ratusan fisikawan yang bermutu tinggi dan telah bantu membentuk dunia sekarang ini. Pada teks ini, saya akan menceritakan beberapa dari mereka.
Image result for Suharyo Sumowidagdo
Suharyo Sumowidagdo

   Yang pertama ada Suharyo Sumowidagdo. Beliau lahir di Bali, 25 Oktober 1976. Alumnus UI dan Florida State University ini ikut berkontribusi dalam penemuan fisika teori yang sangat fenomenal yaitu partikel Higgs Boson di Large Hadron Collider (LHC) yang terletak di  bawah tanah dekat Geneva, Switzerland.

Image result for Tri Astraatmadja
Tri Astraatmadja
   Yang kedua, ada Tri Astraatmadja. Beliau alumni ITB yang sekarang sudah S3 dan aktif meneliti di Max-Planck-Institut für Astronomie dengan membuat Teleskop Neutrino untuk mendeteksi sinar gamma dari ruang angkasa. Dari inilah beliau berupaya untuk mengetahui hukum-hukum dasar yang menggaris bawahi cara kerja alam semesta.

Image result for Reinard Primulando
Reinard Primulando
   Yang ketiga, ada Reinard Primulando. Beliau alumni ITB dan The College of William & Mary, USA. Beliau adalah seorang fisikawan teori yang meneliti tentang gaya misterius yang berperan besar dalam interaksinya dengan gravitasi di seluruh jagat raya serta bertanggung jawab terhadap keteraturan dari kecepatan rotasi yang (hampir) konstan dari seluruh galaksi di alam semesta.

Tentu bukan hanya mereka bertiga. Masih terdapat banyak fisikawan lain yang sukses menemukan berbagai ilmu baru untuk fisika. Mudah-mudahan akan muncul berbagai fisikawan Indonesia baru untuk masa depan bangsa Indonesia dan dunia. Saya sebagai blogger ingin mengucapkan selamat memperingati HUT NKRI ke-71.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar