Sabtu, 28 Januari 2017

Asal-Usul Fisika (Selamat, Hebatnya Fisika telah mendapat 1000 views)

Image result for asal-usul physics   Fisika merupakan ilmu yang sangat luas, penting, dan kompleks. Banyak anak SMP dan SMA yang pusing terhadap pelajaran ini. Namun, tanpanya maka kita kembali ke zaman yang yang sangat rendah akan ilmu dan teknologi, zaman mulainya fisika. Namun, kapankah mulainya ilmu fisika? Kapan mulainya pencarian imu pengetahuan secara umum? Bagaimana perkembangan fisika sesuai zaman? Mari kita cari tahu.

Image result for mesopotamia             Ilmu pengetahuan mulai berkembang sejak adanya peradaban, yaitu sekitar 5000 tahun yang lalu di daerah Mesopotamia atau yang sekarang disebut sebagai Irak. Mesopotamia bersaing dengan Mesir sebagai wilayah awal dari peradaban manusia. Bangsa yang tinggal di Mesopotamia disebut bangsa Babilonia. Perkalian dan pembagian sudah diketahui oleh bangsa Babilonia sejak 4500 tahun yang lalu.

Image result for ancient greece   Fisika sebenarnya berasal dari bahasa Yunani Kuno φύσις, yang memiliki arti alam. Dari kata inilah fisika sekarang diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang alam dan segala interaksi yang ada di dalamnya. Fisika mulai tampak jelas pada peradaban Yunani Kuno, peradaban pertama yang memperhatikan ilmu bukan hanya untuk hal dasar seperti jual beli. Thales dari Miletus mendapat penghargaan sebagai father of science karena merupakan tokoh pertama yang berpendapat bahwa fenomena-fenomena yang ada di alam ini bukan lah disebabkan oleh hantu dan dewa, namun alasan yang bersifat masuk akal dan alami.

Image result for archimedes
Archimedes
   Fisikawan terkenal Yunani Kuno diantaranya Demokritus yang menghasilkan hipotesa segala hal terdiri atas sesuatu yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi lagi atau atomos, Eratosthenes yang berhasil membuktikan bahwa bumi itu bulat dengan mengukur diameternya secara akurat, dan Archimedes yang menghasilkan hukum Archimedes, mengembangkan ilmu statik dan pengungkit, mencari hasil pi yang hampir pas, dsb sekitar 250 tahun sebelum masehi.

Image result for abbasiyah


   Setelah Yunani dijajah bangsa Romawi, perkembangan fisika melambat. Namun, agama Islam memberi dorongan kuat dan mempercepat kembali perkembangan fisika pada masa Dinasti Abbasiyah, kerajaan murni Islam terakhir dan paling perhatian terhadap ilmu dunia. Islam adalah salah satu dari beberapa agama yang tidak bertentangan terhadap fisika  dan juga sains secara menyeluruh terjecuali teori Darwin. Masyarakat muslim yang mulai mempelajari ilmu sains menyimpan hasil pemikiran Yunani Kuno sehingga tidak musnah dan menghasilkan berbagai penemuan baru.
Image result for al haitham
   Ada puluhan ilmuwan Islam yang diakui dunia sebagai ilmuwan yang sangat sukses. Salah satunya Ibnu Al Haitham. Beliau disebut sebagai first true scientist karena beliau ilmuwan pertama yang sangat memperhatikan kepentingan untuk bereksperimen dan jangan hanya memakai logika. Beliau menjelaskan cara kita melihat dengan benar dan membuktikan bahwa Aristotel salah. Beliau mengembangkan fisika bidang optika dan astronomi. Terdapat juga ilmuwan Islam lain seperti Ibnu Sina, Al Khawarizmi, Al Jazari, Al Biruni, dsb.

Image result for renaissance   Setelah kerajaan Abbasiyah dihancurkan oleh bangsa Mongolia, Eropa yang dulunya berada pada zaman yang hancur melanjutkan perkembangan fisika. Pada masa inilah fisikawan-fisikawan terkenal seperti Isaac Newton, Michael Faraday,Galileo Galelei, Hans Christian Oersted, Augustin de Coulomb, Ampere, dan Maxwell. Ilmu yang mereka hasilkan mencakup sebagian besar apa yang kita pelajari di SMP-SMA.

Image result for 20th century physics   Seiring waktu, pusat perkembangan fisika berpindah dari Eropa menuju Amerika Serikat. Walau pun sebagian dari ilmuwan tetap berasal dari Eropa, mereka kerja ke Amerika Serikat yang telah menjadi negara Maju dan sangat mengapresiasi perkembangan ilmu. Contoh ilmuwan yang berpindah adalah Albert Einstein.

   Fisikawan abad ke-20 melengkapkan fisika klasik dan memulai fisika modern. Ilmuwan seperti Neils Bohr, Oppenheimer, Schrodingger, Richard Feynman, Hubble, dan Peter Higgs membuat kita kagum dengan menunjukkan dunia yang sebenarnya, jauh lebih kompleks dan aneh dari apa yang kita bayangkan sebeumnya. Perkembangan ini berlanjut sampai sekarang.

Image result for why how   Walau ilmu fisika jelas telah berkembang sejak ribuan tahun yang lalu, mempertanyakan dan mencari tahu tentang alam ini dan segala fenomenanya termasuk fisika. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa fisika bermula ketika manusia pertama kali bertanya "Kenapa" dan "Bagaimana" terhadap interaksi-interaksi di alam ini. Teruslah belajar fisika.
 

1 komentar: