Minggu, 13 November 2016

Yuri Gagarin, Manusia Pertama ke Luar Angkasa

Image result for Yuri Gagarin
Yuri A. Gagarin
   Hampir semua orang kenal dengan nama Neil Armstrong. Ia yang pertama ke bulan. Namun, tahukah kalian bahwa orang pertama ke luar angkasa bukanlah Armstrong. Yang membuat sejarah ini adalah seorang pilot yang berasal dari Uni Soviet. Beliau bernama Yuri Alekseyevich Gagarin. Beliau mengitari bumi dalam suatu satelit bernama Vostok 1 pada 12 April 1961 selama 1 jam 48 menit.

Image result for Yuri Gagarin and Valentina
Gagarin dan Ivanova
   Yuri Gagarin lahir dari keluarga yang sederhana di Klushino, Uni Soviet, 9 Maret 1934. Gagarin belajar cara bawa pesawat melalui klub lokal. Dia menyambung ke sekolah penerbangan di Orenburg. Di tempat itulah ia menemukan kekasihnya, Valentina Ivanovna. Mereka menikah pada tahun 7 November 1957, satu hari dengan hari kelulusan Gagarin.

Image result for vostok 1
Vostok 1
   Yuri Gagarin dipilih sebagai salah satu dari 20 peserta yang akan diseleksi lagi untuk memasuki Vostok 1. Mereka ditanyai, "Siapa menurut kalian yang paling cocok ke luar angkasa?" 17 diantara mereka memilih Gagarin. Ia pun lolos tahap seleksi dikarenakan fisiknya yang kuat dan tubuh yang cukup pendek, 1,57 m. Tubuh pendek diperlukan karena Vostok 1 hanya memiliki sedikit ruang.

Image result for Yuri Gagarin   Dokter yang ditugaskan untuk melihat kesehatan 20 peserta tersebut menyebut Gagarin sebagai seseorang yang memiliki kekuatan memori tinggi, teliti, cukup cerdas, cepat bereaksi, dan sangat mudah baginya matematika dan mekanika luar angkasa. Ia pun mendapat berbagai penghargaan atas keberhasilannya menembus atmosfir bumi. Ia mendapat Julukan "Pahlawan Uni Soviet" dan sekitar 40 julukan/medali lainnya. Salah satunya dari Indonesia, yaitu pada 10 Juni 1961.

   Kehidupan beliau berakhir ketika membawa pesawat jet militer MiG-15 ketika latihan. Beliau seorang yang pandai matematika serta fisika mekanika dan dapat menggunakan bentuk tubuhnya yang pendek sebagai kelebihan. Ia patut kita ingati sebagai manusia pertama ke luar sana. Ketika mau berangkat dari bumi, ia berkata, "Поехали!" yang berarti, "Ayo pergi!" Agar terus ada astronot yang dapat melanjutkan pencapaiannya, teruslah belajar fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar