Rabu, 02 November 2016

Laika, Hewan Pertama ke Luar Angkasa





Laika (Soviet dog).jpg   Sekitar sebulan setelah Sputnik, Uni Soviet lagi-lagi membuat sejarah, membanggakan rakyat mereka, dan menakuti negara Amerika Serikat dengan membawa hewan pertama ke luar angkasa. Ia adalah Laika, seekor anjing betina. Ia dimasukkan ke dalam satelit kedua Uni Soviet, yaitu Sputnik 2. Sputnik 2 berangkat pada 3 November 1957. Siapa sangka kehidupan suatu anjing begitu penuh dengan pertualangan.

   Tujuan dari Laika ke luar sana adalah untuk menjawab suatu pertanyaan yang membingungkan para ilmuwan, "Apakah makhluk hidup sanggup melalui peluncuran roket yang begitu besar dengan kecepatan yang sangat tinggi, serta atmosfer yang begitu tebal?" Daripada membawa manusia sehingga mengancam kehidupannya, lebih baik buat anjing jadi bahan percobaan. Banyak ilmuwan yang memprediksi bahwa Laika akan mati, peluncuran hanya pembuktian.

   Laika membuktikan mereka salah dengan dia berhasil selamat dari semua tantangan sebelumnya sehingga dapat hidup di luar angkasa. Anjing ini yang berumur 3 tahun mencapai suatu jarak yang tidak pernah dilampaui manusia sebelumnya. Namun, ini bukanlah suatu cerita dengan akhir yang berbahagia. Karena banyak yang memprediksi dia akan mati, tidak banyak dibuat perlindungan terhadap Laika ketika sudah di luar angkasa. Laika pun akhirnya mati kepanasan beberapa hari setelah diluncurkan. Walau kehidupannya kurang dipedulikan, ini suatu pencapaian bagi Uni Soviet.

Image result for first dog to space   Rusia sekarang masih mengingat Laika. Pemerintah membuat patung untuk menghormati dia pada 11 April 2008 di Moskow. Amerika Serikat yang menyaksikan ini seperti menonton film yang begitu jelek bagi mereka. Amerika harus melakukan sesuatu yang besar.

   59 tahun kemudian, pertualangan angkasa telah menjadi heboh. Semakin banyak negara yang ingin bersaing dengan Amerika dan Rusia, yang paling jelas adalah Cina. Agar manusia bisa mencapai langkah selanjutnya, teruslah belajar fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar