Kamis, 15 September 2016

Apakah Itu Gauge Boson?

Image result for gauge bosons   Kita telah mempelajari quark dan lepton. Jika dihitung, itu termasuk 12 partikel dasar yang terdapat dalam Standard Model. Partikel-partikel ini berinteraksi dan disebabkan oleh gaya. Sejak SD, kita tahu bahwa gaya itu membuat suatu benda bergerak atau diam. Dengan kata lain, gaya membuat benda bermassa mengubah kecepatannya dalam waktu tertentu atau mengalami percepatan. Namun, pada dasarnya hanya ada 4 gaya. Mereka adalah gravitasi, elektromegnatik, interaksi lemah dan kuat pada atom. Kita akan lebih banyak membahas gaya dan 4 gaya fundamental secara rinci lain kali.

   Yang perlu diketahui sekarang adalah elektomagnetik, kuat, dan lemah berupa gaya yang muncul dari interaksi partikel-parikel dasar. Gaya ini diangkut oleh yang namanya gauge boson. Jadi bisa disimpulkan bahwa gauge boson adalah partikel dasar yang membawa gaya dasar. Interaksi yang disebabkan oleh gaya ini ada karena pertukaran partikel-partikel gauge boson tersebut. Terdapat 4 macam gauge boson, yaitu gluon, photon, vektor w, dan verktor z.

Image result for what
Cahaya itu zat dan juga gelombang?
   Gluon mengantarkan gaya kuat. Ia ditemukan pada tahun 1978 di DORIS. Photon mengantarkan gaya elektromagnetik. Ia juga berupa partikel dari cahaya. Iya, cahaya memiliki partikel. Jika cahaya memiliki partikel dan berupa zat, bukankah berarti ia tidak termasuk gelombang? Tidak, cahaya itu memiliki sifat ganda yaitu berupa zat dan gelombang. Pengetahuan ini telah diteliti ilmuwan sangat lama. Mereka berdebat antara cahaya itu zat, bukan gelombang dengan cahaya itu gelombang, bukan zat. Ternyata, kedua pihak betul dan salah. Kita akan membahas photon lebih banyak lain kali. Vektor W dan Z mengantar gaya lemah. Ia pertama kali dicetuskan secara teori oleh Abdus SalamSheldon Glashow, dan Steven Weinberg pada 1968.

Image result for 4 forces of nature
   Apakah ada kekurangan? Bagaimana dengan gravitasi? Apakah pengantarnya? Sampai sekarang, ilmuwan belum menemukan bukti dari pengantar ini yang disebut sebagai graviton. Gravitasi adalah gaya yang sangat jauh dari ketiga gaya fundamental yang lain. Ketika tiga gaya tersebut ditopang oleh para ahli fisika partikel, gravitasi didasari oleh rumus-rumus yang ditemukan oleh Albert Einstein. Gravitasi tidak dideskripsikan dalam Standard Model.

   Ternyata kita sekarang mengetahui bahwa standard model tidak lengkap. Ia tidak menjelaskan gravitasi. Oleh karena itu, dibutuhkan para ahli fisika untuk masa depan agar menemukan graviton atau malah menghapus Standard Model dan membuat yang baru. Fisika itu didasari oleh ilmu tetap. Informasi seperti bumi itu tidak datar, bumi mengelilingi matahari mempunyai bukti yang begitu banyak sehingga bisa dianggap fakta. Tetapi, banyak informasi fisika modern tidak tetap, masih penuh dengan teori. Oleh karena itu, kita perlu memperbaikinya jika ketemu kesalahan. Tetaplah belajar fisika.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar