Kamis, 01 September 2016

Apakah Itu Quark?

Image result for gellmann
Gell-Mann
   Quark adalah salah satu partikel elementer dan penyusun zat. semua zat yang memiliki atom juga memiliki kuark. Hal ini dikarenakan proton dan neutron terdiri atas kuark. Kuark pertama kali diprediksi keberadaannya oleh dua fisikawan termuka, Murrray Gell-mann dan George Zweig pada tahun 1964. Bukti kuat atas keberadaan partikel ini akhirnya didapati pada tahun 1968 di Stanford Linear Accelerator Center, suatu laboratorium nasional yang dioperasikan oleh Stanford University.
Image result for george zweig
George Zweig

   Terdapat 6 macam quark, yaitu: up, down, charm, strange, top, dan bottom. Quark up dan down termasuk generasi pertama, charm dan strange termasuk generasi kedua, serta top dan bottom termasuk generasi ketiga. Quark up, down, dan strange pertama kali ditemukan. Quark top adalah yang paling terakhir ditemukan, yaitu pada tahun 1995. Quark up yang memiliki nilai +2/3 e dan quark down memiliki nilai -1/3 e. e adalah 1,6 * 1019 C.

   Quark up dan down mendapat nama mereka dari suatu komponen yang disebut isospin yang mereka bawa. Quark strange memiliki nama itu karena memiliki masa kehidupan yang anehnya panjang. Quark charm disebut seperti itu karena memberi simetri indah terhadap quark model sebagai saudaranya strange. Quark top dan bottom mempunyai nama mereka agar mirip dengan up dan down. Dulu, quark top terkadang disebut truth dan bottom disebut beuty. Jadi, alat pembuat quark bottom sering disebut beuty factories.
   Quark akan berinteraksi dengan quark lain membentuk partikel yang lebih kompleks. Suatu kuark dapat bergabung dengan dua kuark lain membentuk baryon atau dengan pasangan lawannya (antiquark) membentuk meson. Antiquark memiliki nilai yang sama dengan kuark dengan tanda (+/-) yang berbeda. Baryon yang paling umum adalah proton dan neutron. Proton terdiri atas 2 quark up dan 1 quark down (2/3 e + 2/3 e - 1/3 e = e). Neutron terdiri atas 1 quark up dan 2 quark down (2/3 e - 1/3e - 1/3 e = 0). Selain itu, CERN telah melapor pada 13 Juli 2015 bahwa berhasil menghasilkan pentaquark, yaitu partikel yang terdiri atas 5 quark.

Three colored balls (symbolizing quarks) connected pairwise by springs (symbolizing gluons), all inside a gray circle (symbolizing a proton). The colors of the balls are red, green, and blue, to parallel each quark's color charge. The red and blue balls are labeled "u" (for "up" quark) and the green one is labeled "d" (for "down" quark).   Itulah yang dimaksud dengan kuark. Walau pembelajaran ini mungkin agak susah, ini belum semua. Standard Model belum selesai dibahas. Gell-mann adalh fisikawan hebat dan pernah mendapat nobel prize pada tahun 1969 bidang fisika. Dunia perlu fisikawan lain seperti beliau yang sekarang dua minggu lagi berumur 87 tahun (lahir ; 15/09/29). Teruslah belajar fisika.

12 komentar:

  1. Balasan
    1. Coba lihat sumber lain, betul itu! Yang bilang sok tahu, diri sendiri kayak apa?

      Hapus
  2. Tak perlu dikomentari krn sama2 blm tahu teruslah belajar dan belajar itulah tugas manusia yang memiliki akal dan budi ariflah dalam berpikir dan bertutur kata..ok.friends

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. keren artikelnya (tumb up!!) thx infonya

    BalasHapus
  5. Artikel ini BENAR. Tp belum memiliki model hitungan yg pasti. Saya mencari pengertian quark krn ada buku yg sedikit mengulasnya. Buku tsb terbitan 2001. Trims

    BalasHapus
  6. Mantap artikelnya sering2 bikin artikel kaya begini

    BalasHapus
  7. Baca di buku terjemahan si hawking, riwayat sang kala. Thx

    BalasHapus