Sabtu, 24 September 2016

Apakah Itu Higgs Boson?

Image result for Higgs Boson   Kita sebelumya telah mempelajari tentang gauge boson, namun bagaimana dengan Higgs boson? Higgs boson adalah partikel dasar terakhir dalam Standard Model dan merupakan eksitasi dari medan Higgs. Medan Higgs adalah medan yang memberikan suatu zat massa. Namun, tidak semua. Massa suatu benda bisa didapati melalui energi yang dimilikinya serta medan Higgs.

   Persamaan terkenal Einstein, E = mc 2, menjelaskan bahwa energi dan massa mempunyai hubungan satu sama lain. Dengan kata lain, massa adalah jumlah energi. Suatu benda bergerak akan memiliki lebih banyak massa daripada benda yang tidak bergerak. Ini dikarenakan benda bergerak memiliki lebih banyak energi (kinetik) daripada yang diam. Namun, massa juga bisa didapati dengan cara berinteraksi medan Higgs.

Image result for peter higgs
Peter W. Higgs
   Higgs boson pertama kali dicetuskan pada tahun 1964. Namun, dibutuhkan sekitar setengah abad agar partikel ini dapat ditemukan. Nama Higgs boson berasal dari Peter Higgs, satu dari enam ilmuwan yang memprediksikan keberadaan boson tersebut. Selain beliau, ada juga Robert Brout, François Englert, Gerald Guralnik, C. Richard Hagen, dan Tom Kibble.
Higgs boson memang diperlukan karena akan menjawab beberapa pertanyaan seperti, "Kenapa beberapa partikel tertentu yang seharusnya tidak bermassa menurut simetri namun tetap bermassa?" Peter Higgs bersama François Englert mendapatkan hadiah Nobel bidang fisika tanggal 10 Desember 2013.

Image result for François Englert
        François Englert
   Higgs Boson juga kerap disebut sebagai "partikel tuhan" oleh beberapa wartawan. Tentu ini jauh dari kebenaran. Banyak fisikawan yang tidak menyukai penamaan ini, termasuk Peter Higgs sendiri. Namun, Higgs boson memang dapat dianggap sebagai partikel yang sangat penting untuk ditemukan. Pasti akan mengejutkan bila pada akhirnya Higgs boson tidak ada.

Image result for cern
Salah satu alat CERN untuk meneliti
   Higgs boson akhirnya dikonfirmasi tahun 2013 oleh para fisikawan partikel yang berkerja di CERN, Geneva, Swiss. Penemuan ini membuktikan bahwa para fisikawan berada di jalan yang benar. Jalur ini harus dipertahankan. Tetap diperlukan fisikawan bermutu untuk massa depan. Pembahasan untuk partikel fisika akhirnya berakhir di blog ini, tetapi tidak bagi fisikawan. Graviton masih belum ditemukan (Baca, "Apa Itu Gauge Boson?"). Karena itu, teruslah belajar fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar